Solusi Masalah Kerontokan Rambut

Saturday, January 8
Kesal dengan rambut rontok?
Bagi wanita rambut adalah mahkota wanita yang sangat penting. Kerontokan rambut dapat terjadi pada wanita usia muda, hal ini sangat mengganggu keindahan penampilan kita. Berikut beberapa masalah penyebab kerontokan rambut dan solusinya.

Penyebab #1 AnemiaAlasan kerontokan bisa terjadi: Akibat kurangnya zat besi sehingga menurunkan kadar sel darah merah dalam darah kita. Kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan folikel rambut.

Solusi: Cara murah dan pastinya efektif dengan mengonsumsi suplemen zat besi yang dibarengi dengan vitamin C sebagai pendukung, agar penyerapan zat besi berlangsung maksimal.

Penyebab #2 Dalam perawatan medis tertentuAlasan kerontokan bisa terjadi: Efek samping mengonsumsi obat antidepresan, diuretik, atau pil Rx dapat membuat rambut kita menjadi rontok.

Solusi: Mengatur dosis obat yang kita konsumsi, dan cobalah untuk mencari obat alternatif lain. Namun, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kita terlebih dahulu.

Penyebab #3 Hypo atau Hyperthyroid
Alasan kerontokan bisa terjadi: Keadaan hormon yang tidak seimbang akan meningkatkan kadar zat kimia alami tubuh, yaitu DHT yang akan “menyerang” folikel rambut kita.

Solusi: Menggunakan resep obat yang mampu membantu mengembalikan kondisi hormon thyroid kita ke level normal atau sehat.

Penyebab #4  Diet rendah lemakAlasan kerontokan bisa terjadi: Program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Tidak hanya itu, diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.

Solusi: Mengisi program penurunan berat badan dengan asupan  protein yang cukup setiap hari. Karena protein  merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat dan utuh.

Penyebab # 5 StresAlasan kerontokan bisa terjadi: Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.

Solusi: Melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, terapi, dan lain-lain. Dan, sebisa mungkin hindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi. 



Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Post a Comment

Jika info KitaBagi membuatmu Suka, tertarik, dan bermanfaat. Tulis komentarmu di sini ...