Ketika Tuhan Menguji Kita

Sunday, January 9

KETIKA TUHAN SEDANG MENGUJI KITA

Dalam kehidupan pasti kita sering mendapatkan permasalahan yang datang silih berganti. Permasalahan yang timbul bisa bersifat berat atau ringan baik dalam masalah pekerjaan, bisnis, percintaan, keluarga, agama, masalah individu, dan masalah lainnya.
Mungkin Anda sering bertanya dalam hati, “katanya Tuhan sayang sama saya, lalu kenapa selalu saja saya tidak pernah lepas dari masalah?”.
Permasalah yang kita hadapi bisa membuat kita jatuh atau tumbuh, tergantung dari bagaimana cara kita menanggapinya. Sangat disayangkan banyak orang gagal untuk melihat bagaimana Tuhan menggunakan masalah untuk kebaikan mereka. Mereka memilih untuk bertindak bodoh dan membenci masalah-masalah mereka daripada menghadapi dan merenungkan kebaikan apa yang bisa mereka dapat dari permasalahan yang menimpa mereka.
Dari beberapa perenungan kami, ada lima alasan mengapa Tuhan memberikan masalah dalam kehidupan kita.
1.      Tuhan Mengarahkan Kita
Terkadang Tuhan menyalakan api di bawah kita untuk membuat kita tetap bergerak. Sering kali masalah yang kita hadapi akan mengarahkan kita ke arah yang baru danmemberikan kita motivasi untuk berubah. Ada kalanya masalah menjadi cara yang Tuhan gunakan untuk menarik perhatian kita.
2.      Tuhan Menguji Kita
Manusia bagaikan teh celup. Jika Anda ingin tahu apa yang ada di dalamnya, celupkan saja ke dalam air panas. Tuhan kadang ingin menguji kesetiaan kita melalui masalah-masalah yang kita hadapi.
3.      Tuhan Mengoreksi Kita
Ada pelajaran-pelajaran yang hanya kita pelajari melalui penderitaan dan kegagalan. Saat kita masih kecil orang tua kita mengajari kita untuk tidak boleh menyentuh kompor yang panas. Tetapi kita baru benar-benar belajar justru setelah tangan kita terbakar. Kadang-kadang kita baru  menyadari sesuatu saat kita sudah kehilangan.
4.      Tuhan Melindungi Kita
Suatu masalah bisa menjadi berat jika masalah tersebut menghindarkan kita dari bahaya. Tahun lalu ada seorang sahabat yang diberhentikan dari pekerjaannya karena ia menolak untuk melakukan sesuatu yang tidak etis bagi bosnya. Ia menjadi menganggur, tetapi justru dari masalah itulah ia terhindar dari ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara, karena setahun kemudian tindakan boss itu terbongkar.
5.      Tuhan Menyempurnakan Kita
Jika kita menanggapi masalah dengan cara dan pandangan yang benar, masalah tersebut bisa membentuk kita. Tuhan lebih memperhatikan karakter kita daripada kenyamanan kita. Hanya hubungan kita dengan Tuhan yang akan kita bawa sampai kekal. Nyatanya kita masih bermegahan dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan, dan pengharapan tidak mengecewakan.
Apa yang ada di tangan kita? Dalam beberapa hal hidup kita berada di tangan kita. Kita dapat memilih untuk menghamburkan setiap jam, hari, minggu, bulan, dan tahun demi kepentingan kita sendiri. Kita akan heran saat menyadari dan menyaksikan betapa banyaknya hal yang Tuhan sempurnakan dalam diri kita.
Sabar dan jalanilah setiap permasalahan yang sedang kita hadapi. Karena permasalah yang timbul adalah suatu rahmat untuk kita sehingga menjadikan kita sebuah tantangan untuk hidup yang lebih baik.


-So (kutipan inspirator Erwin Arianto SE)

1 komentar:

someone at: January 15, 2011 at 11:06 PM said...

kalo lihat ke atas terus bisa kesandung ya :)

Post a Comment

Jika info KitaBagi membuatmu Suka, tertarik, dan bermanfaat. Tulis komentarmu di sini ...