PULAU TIDUNG Kepulauan Seribu

Saturday, January 8
PULAU TIDUNG
Kepulauan Seribu Selatan


Jalan-jalan ke pulau tidung bisa jadi alternatif baru bagi warga Jakarta. Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan Kepulauan seribu, terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Keduanya dihubungkan dengan jembatan kayu yang berjarak sekitar 300 meter. Keindahan panorama alam lautnya jelas akan membayar perjalan kita ke pulau ini yang dari Muara Angke, Jakarta membutuhkan waktu 3 jam untuk bisa menginjakkan kaki di pulau ini.



Pulau Tidung lebarnya sekitar 200 meter dengan panjang kurang lebih 5 km, dikelilingi pantai dangkal bergradasi putih karena ditumbuhi karang dan dihuni banyak ikan hias. Pesona pantai yang tak hentinya berlenggong serasa menghibur pandagan mata ini memiliki nuansa laut yang berwarna biru kehijauan, dan bila lebih jauh berwarna biru terang hingga biru gelap yang pertanda laut dalam. Pantai ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbunya mampu menahan ombak namun cukup aman untuk kegiatan berenang dan snorkling.

Di Pulau ini sudah ada perkampungan. Sudah lumayan padat tepatnya :)
Ga perlu repot cari makanan, penginapan, maupun jasa sewa lainnya. Untuk liburan di pulau ini sangat menyenangkan. Kita bisa berjalan-jalan mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda, biasanya penginapan di pulau ini sudah menyediakan fasilitas ini. Informasi yang kita butuhkan di pulau ini bisa tanya ke penduduk sekitar. Penduduknya ramah dan sangat membantu wisatawan yang datang berkunjung ke pulaunya. Fasilitas yang ada di pulau ini sudah memadai, seperti adanya warung makan, penginapan, puskesmas, kantor polisi, sekolah (dari tingkat SD sampai dengan SMK), dan yang pasti dan terpenting adalah fasilitas snorklingnya lengkap dengan sewa kapalnya loh.


 Sama penasarannya, kami berlima memutuskan untuk mencicipi kaki menginjakkan kaki di pulau ini pada 1 - 2 Mei 2010 lalu. Segala hal telah kami persiapkan untuk menjelajah pulau ini dan dengan trek journey Muara Angke - Tidung - Pulau Payung - Pulau Karangberas - PUlau Air - Pulau Pramuka - Muara Angke kami semangat penuh :)

Dimulai pagi hari dari Muara Angke menuju Pulau Tidung. Karena kapal akan berangkat pukul 7.00 kita harus sudah tiba setengahnya jam sebelumnya agar dapat tempat yang cukup nyaman untuk kita sendiri. Orang yang akan pergi ke pulau berkumpul di muara angke cukup banyak, kita harus bertanya terlebih dahulu kapal yang akan kita tumpangi. Tiba di Pulau Tidung sekitar pukul 10.00. Istirahat sebentar dan berkeliling pulau dengan sepeda. Jangan lupa untuk mengunjungi pulau Tidung Kecil melalui jembatan kayu yang sudah banyak rusak karena terhempas ombak memang musti hati-hati. Udara Panas dan sinar matahari yang sangat terik benar-benar mempercantik pulau ini. Semuanya terbayarkan dengan hidangan pemandangan laut, hamparan pasir putih, terumbu karang, dan angin sepoi yang menghiasi bibir pantai melambaikan pohon-pohon kelapa.
Keesokan harinya adalah waktunya snorkling. Kegiatan ini yang paling ditunggu. Karena kami cuma berlima, kami sharing dengan kelompok lainnya. Satu kapal dua kelompok dengan 12 orang di atasnya termasuk tukang kapalnya loh :p
Snorkling pertama di Pulau Payung. Pengalaman pertama kami snorkling di pulau ini. Yang bisa kami ucapkan adalah "wow" selebihnya speachless. Pemandangan lautnya benar-benar mempesona, indaaaaah, great, what a wonderful place. Di lanjutkan ke pulau karangberas. Di pulau ini spot untuk snorkling kurang bagus, maka perjalanan langsung menuju pulau Air. Di pulau Air, pemandagan lautnya lebih mempesona dari pulau payung. Di sini banyak terumbu karang yang berwarna-warni dihiasi dengan kelompok-kelompok ikan hias. Dari atas kapal kita bisa menikmati pemandangan. Lautnya yang hijau dan pulau dengan pasir putih berhias pohon cemara semakin mempercantik keindahan pulau ini, "very amazing".
Sudah puas, tiba lah kami di pulau Pramuka. Kami belum sempat menjelajah pulau ini karena kapal ke Muara Angke berangkat pukul 14.00. Next time, it will be our destination :)

Berikut Track Budgetary kami selama di Pulau tidung, Untuk kalian yang akan ke sana tanpa guide ga usah takut kesasar, asal tahu tempat yang akan dituju, kalian akan tetap pulang dengan selamat kok :)

Pergi dari Muara Angke pagi (pkl 7.00 - 10.00) .................................... @ Rp. 33.000,-/org
Penginapan AC, cukup utk 3-7 org
(1 ruang TV, 1 ruang tidur, 1 kamar mandi, dan tempat jemur) ................ @ Rp. 250.000,-/mlm
penginapan bervariasi antara Rp. 200.000 - Rp. 300.000,- kalo bawa rombongan di atas 8 org, bisa sewa rumah yg harganya Rp. 300.000 s/d Rp. 400.000,-/malam
Sewa Sepeda ............................................................................... @ Rp. 15.000,-
Makan   ........................................................................................ @ Rp. 15.000,-
Sewa Alat Snorkling lengkap ........................................................... @ Rp. 35.000,-
Sewa Kapal (P. Payung - Karangberas - Air - Pramuka) .......................... @ Rp. 225.000,-

Sewa kapal bisa sharing sama kelompok lainnya bila dalam satu kelompok tidak terlalu banyak, krn max 1 kpl 15 org. Harga satu kapal berkisar Rp. 350.000 s/d Rp. 500.000,-

Pulang dari Pulau Pramuka - Muara Angke siang (pkl. 14.00 - 16.30) ............ @ Rp. 33.000,-/org

Liburan menyenangkan dan menantang. Jadi, nunggu apa lagi???? :)



1 komentar:

sonya at: January 15, 2011 at 11:14 PM said...

pulau tidung lagi yuukk....

Post a Comment

Jika info KitaBagi membuatmu Suka, tertarik, dan bermanfaat. Tulis komentarmu di sini ...